RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Jumat | 06 Oktober 2023 09:18:16 WIB

OLAH RAGA

KASAL LAKSAMANA TNI DR MUHAMMAD ALI, BUKA KEJUARAAN TAEKWONDO KASAL CUP 2023

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
KASAL LAKSAMANA TNI DR MUHAMMAD ALI, BUKA KEJUARAAN TAEKWONDO KASAL CUP 2023
RAKYATNASIONAL.COM,- KASAL LAKSAMANA TNI DR MUHAMMAD ALI, BUKA KEJUARAAN TAEKWONDO KASAL CUP 2023 DALAM RANGKA HUT KE 78 KORPS MARINIR TAHUN 2023

Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 78 Korps Marinir Tahun 2023, pada Jumat sampai dengan Minggu, 08 - 08 Oktober 2023 bertempat di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Korps Marinir TNI Angkatan Laut akan menyelenggarakan kegiatan Kejuaran Taekwondo "KASAL CUP" yang dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M,, M,Tr.Opsia.

Dalam pembukaan lomba dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsia, diikuti oleh 1200 peserta Altet Taekwondo dari TNI / Polri dan Umum bersifat Nasional, dengan Kategori Prestasi: a. TNI/POLRI (Kyorugi/Poomsae) b. Pra Cadet (Kelahiran 2012-2014) c. Cadet (Kelahiran 2009-2011) d. Junior (Kelahiran 2006-2008) e. Senior (Kelahiran 2005 Ke Atas) f. Poomsae Prestas. Kategori Pemula: a. Kategori Kyorugi b. Kategori Poomsae.

Dimana Olahraga Taekwondo merupakan salah satu jenis cabang olahraga bela diri yang sering dipertandingkan. Perkembangan olahraga Taekwondo di Indonesia pada saat ini dapat dikatakan berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyak diadakannya kejuaraan-kejuaraan baik itu tingkat cabang, tingkat daerah, maupun tingkat nasional. Melalui Kejuaran Taekwondo "KASAL CUP" ini dapat teriahir bibit-bibit atlet Taekwondo. yang kompeten dan nantinya dapat diikutkan untuk bertanding dalam kejuaraan-kejuaraan baik tingkat daerah, nasional maupun internasional.

Kategori Poomsae adalah pertandingan yang memperagakan rangkaian jurus atau rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan dwi yang dilakukan melawan lawan yang imajiner. Pada pertandingan Poomsaa, nilai yang muncul sebagai hasil akhir adalah hasil dari nilai sempurna yang dimiliki sebelum para atlet memainkan poomsae dikurangi dengan nilai kesalahan-kesalahan yang didapati pada saat gerakan poomsae tersebut dilakukan. Aspek yang dinilai pada pertandingan poomsae mulai Speed and Power (Kecepatan dan Kekuatan), Strength/Speed/Rhythm (Rime Gerakan yang dilakukan), Expretion of Energy (Penghayatan dan Ekspresi), serta keakuratan/ketepatan sasaran.

Kategori Kyorugi adalah pertarungan antara dua Taekwondom di mana mereka saing menyerang dan bertahan untuk mendapatkan keunggulan score dengan menggunakan teknik-teknik tendangan maupun pukulan yang diajarkan di Taekwondo Dalam melakukan kyorugi diperlukan ketahanan fisik, kecepatan aksi-reaksi, fleksibilitas, keakuratan serangan, variasi-variasi tendangan, dan juga mental yang kuat.

Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsia, dalam amanatnya menegaskan bahwa dengan olahraga Taekwondo ini digelar sebagai bukti nyata atau komitmen TNI AL dalam memberikan ruang untuk berkompetisi serta untuk mendapatkan olahragawan yang unggul, serta diharapkan akan lahir talenta baru taekwondo yang unggul dari kalangan prajurit TNI dan Polri.

Serta dapat memberi kontribusi dalam membangun prestasi yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam tingkat nasional maupun internasional. Kita berharap para atlet untuk terus berprestasi dan mengembangkan kemampuan diri dalam semangat sportivitas dan saling menghormati.

Dan dengan tingginya minat peserta kejuaraan Taekwondo ini, maka kejuaraan ini akan menjadi Iven tahunan, pinta Laksamana TNI Dr Muhammad Ali.
News Update