RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Selasa | 26 Juli 2022 11:18:57 WIB

MEGAPOLITAN

Universitas Islam Jakarta Gelar MoU Dengan Bawaslu Sukseskan Pemilu, Pilpres dan Pilkada 2024

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
Universitas Islam Jakarta Gelar MoU Dengan Bawaslu Sukseskan Pemilu, Pilpres dan Pilkada 2024
RAKYATNASIONAL.COM,- Universitas Islam Jakarta Gelar MoU Dengan Bawaslu Sukseskan Pemilu, Pilpres dan Pilkada 2024

Peran Perguruan Tinggi dalam proses Demokrasi melalui Pemilu maupun Pilkada sangat dibutuhkan, dan salah satu untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan turut serta dalam mewujudkan Pemilu Jujur dan Adil melalui pengawasan jalannya Pemilu, Pilpres serta Pilkada, untuk itulah Universitas Islam Jakarta pada Senin 25 sampai 27 Juli disela acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan penandatanganan Nota kesepakatan Bawaslu DKI Jakarta dengan Perguruan Tinggi, Ormas dan NGO. UID melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Rektor Universitas Islam Jakarta, Prof. Dr. Ir Raihan MSi usai melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan BAWASLU DKI menegaskan tentang keterlibatan Universitas Islam Jakarta (UID) dalam Pengawasan Pemilu 2024, karena tanggung jawab sebagai bentuk pengabdian masyarakat, para Mahasiswa agar tidak saja belajar di dalam kampus, namun nantinya terlibat langsung dalam pengawasan Pemilu maupun Pilkada,

Setelah MoU ini segera akan membentuk TIM Pengawasan Pemilu, Pilpres dan Pilkada serentak 2024, dibawah koordinasi Warek III, karena proses Pemilu saat ini sudah berlangsung, bagaimana nanti dosen dan mahasiswa menjadi bagian aktif dalam pengawasan Pemilu, setelah kita lakukan Penandatanganan nota kesepahaman, akan dilanjutkan dengan pemberian materi dan pelatihan pengawasan pemilu, dan Kampus akan tetap netral.

Sebagaimana program Kampus Merdeka, dan atas permintaan Bawaslu, UID siap mengirimkan mahasiswa untuk magang di Bawaslu, ungkapnya.

Untuk suksesnya Pemilu, Pilpres dan Pilkada serentak yang Jujur dan adil di tahun 2024, kita berharap semua partai mematuhi rambu-rambu yang sudah di tetapkan. Dan Universitas Islam Jakarta memberikan dukungan penuh dalam pengawasan maupun sosialisasi Pemilu pada mahasiswa, dosen maupun masyarakat luas, tegasnya.

Prof Raihan yang juga Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah III Jakarta berharap, kerjasama pengawasan Pemilu di Jakarta, tidak hanya 35 perguruan tinggi, namun bisa lebih banyak lagi. APTISI DKI Jakarta mendukung penuh kerjasama Perguruan Tinggi untuk terlibat dalam proses pengawasan Pemilu, Pilpres maupun Pilkada 2024. kita berharap akan ditingkatkan lagi kerjasama dengan Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta, untuk terlibat dalam pengawasan untuk mensukseskan pemilu 2024 jujur dan adil, tegasnya.

Sementara Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri, menegaskan, Bawaslu sengaja mengajak perguruan tinggi agar berpartisipasi dalam pengawasan proses Pemilu, Pilpres dan Pilkada, sehingga nantinya bisa menjadikan proses pemilu yang demokratis serta menghasilkan wakil rakyat maupun Pimpinan Negara serta Pimpinan Daerah yang baik dan sesuai harapan rakyat.

Sebagaimana UU Pemilu peranserta masyarakat sangat dibutuhkan, untuk itulah hari ini untuk membangun Pengawasan Partisipatif Perguruan tinggi, Ormas dan NGO.

Disamping itu dengan jumlah mahasiswa di Jakarta yang cukup banyak, kita berharap Perguruan tinggi dapat mensosialisasikan Pengawasan Pemilu, serta berpartisipasi aktif dalam pengawasan dan pelaporan, jika menemukan pelanggaran proses Pemilu, Pilpres dan Pilkada, karena setelah Perguruan Tinggi melakukan MoU, maka otomatis mahasiswa perguruan tinggi tersebut juga sah dalam pengawasan Pemilu, Pilpres maupun Pilkada, tegas M Jufri.
News Update