RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Senin | 11 Juli 2022 20:50:24 WIB

HANKAM

Bakamla RI Terima Delegasi Japan International Cooperation Agency (JICA)

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
Bakamla RI Terima Delegasi Japan International Cooperation Agency (JICA)
RAKYATNASIONAL.COM,- Bakamla RI Terima Delegasi Japan International Cooperation Agency (JICA)

Jakarta, 11 Juli 2022 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard)---Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menerima kunjungan kerja para delegasi dari Japan International Cooperation Agency (JICA) yang di ketuai oleh Penasehat Senior JICA RADM JCG (Ret.) Tsuchiya Koji di Aula I Markas Besar Bakamla RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/07/2022).

Tsuchiya Koji didampingi oleh Ikeda Ryusuk dari Departemen Sarana dan Prasarana JICA, Fukuta Keisuke dari Departemen Manajemen Infrastruktur JICA, Kuboshima Naoya sebagai perwakilan JICA untuk Indonesia, Prof. Furuya Kentaro dari Akademi Japan Coast Guard (JCG), Akahori Ryuichi dan Ishizuka Ikuko dari Tim Kerjasama Internasional JCG, dan Hanzawa Yu dari Divisi Politik Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

Kunjungan Tsuchiya dan delegasi JICA adalah untuk mengenalkan Kepala JCG yang baru ADM Ishii Shohei yang sebelumnya di kepalai oleh ADM Okushima Takahiro serta membahas tindak lanjut rencana kerja sama antara Bakamla RI dengan JCG. Salah satunya adalah pelatihan Maritime Law Enforcement yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juli 2022 yang melibatkan 28 personel dari Bakamla RI secara luring dan 45 personel Bakamla RI secara daring, serta 12 peserta dari Kementerian dan Lembaga terkait setingkat kapten hingga kolonel.

Selain itu, Tsuchiya juga menjelaskan tentang rencana Technical Cooperation antara Bakamla RI dengan JICA melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang berisikan rencana peningkatan kapasitas personel Bakamla RI melalui pembuatan kurikulum, pelatihan, monitoring dan evaluasi. Personel Bakamla RI juga di berikan kesempatan untuk mengikuti program Pasca Sarjana Kebijakan Keamanan Maritim atau Maritime Security Program.

Dalam kerja sama ini juga terdapat beberapa rencana lain seperti hibah kapal patroli JCG untuk Bakamla RI, penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) antara Bakamla RI dan JCG melalui Kementerian Luar Negeri, dan rencana kunjungan delegasi Bakamla RI ke Jepang. Menanggapi hal tersebut, Kepala Bakamla RI menerima dengan terbuka rencana-rencana kerja sama tersebut dan akan segera ditindak lanjuti oleh bagian-bagian terkait.

Dalam pertemuan Kepala Bakamla RI di dampingi oleh Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksda Bakamla Tatit E. Witjaksono, S.E., M.Tr.(Han), Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksda Bakamla I Gusti Kompiang, Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla Purwanto Djoko P., Direktur Penelitian dan Pengembangan Bakamla RI Laksma Bakamla Oki Samudra, S.E., M.M., serta Kepala Biro Sarana dan Prasarana Laksma Bakamla Supriatno, M.Tr.(Han).(Humas Bakamla RI)

Autentifikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd
Foto-foto : Humas Bakamla RI
News Update