RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Selasa | 26 Januari 2021 21:08:22 WIB

DAERAH

Bangkitkan Minat Wirausaha, TSM Gelar Pengabdian Masyarakat di SMA Muhamadiah 25 Pamulang

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
Bangkitkan Minat Wirausaha, TSM Gelar Pengabdian Masyarakat di SMA Muhamadiah 25 Pamulang
RAKYATNASIONAL.COM,- Bangkitkan Minat Wirausaha, TSM Gelar Pengabdian Masyarakat di SMA Muhamadiah 25 Pamulang

Pengabdian Masyarakat "A Guide for Your entrepreneur Journey" Trisakti School of Management (TSM) di SMA Muhamadiah 25 Pamulang.

Dalam rangka turut serta mendukung pengembangan dan membangkitkan minat wirausaha dikalangan generasi muda, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti atau yang lebih dikenal dengan Trisakti School of Management (TSM) berkesempatan untuk melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat secara daring kepada Siswa/i SMA Muhamadiyah 25 Pamulang.

Acara yang berlangsung pada hari Senin 25 Januari 2021 tersebut mengusung tema "A Guide For Your Entrepreneur Journey" dan diikuti oleh peserta didik kelas 11, yang memiliki ketertarikan untuk merintis usaha sejak duduk dibangku Sekolah. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala sekolah beserta para Guru SMA Muhamadiyah 25 Pamulang.

Dalam sambutannya Kepada Sekolah SMA Muhamadiyah 25 Pamulang Ibu Hj. Zesmita Umar, S.H., beharap, kegiatan pengabdian masyarakat yang mengangkat tema kewirausahaan ini, dapat dilaksanakan secara rutin dan melibatkan lebih banyak lagi peserta didik, tidak hanya bagi siswa/i yang memiliki ketertarikan untuk merintis usaha, namun bagi seluruh siswa/i kelas 11 sehigga akan lebih banyak lagi siswa/i yang tertarik untuk merintis usaha sejak bangku SMA dan menjadi seorang entrepreneur.

Selain itu beliau menyatakan bahwa dengan adanya pemaparan materi dari para narasumber dalam program ini, sangat membantu sekolah terutama untuk lebih membantu peserta didik, agar lebih mempunyai gambaran dan pemahaman bagaimana membangun atau merintis sebuah usaha atau bisnis, yang sebetulnya dalam kurikulum SMA Muhamadiyah 25 Pamulang juga diajarkan Pelajaran Kewirausahaan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Trisakti School of Management, Ibu Aan Marlinah, S.E., M.Ak., meyampaikan rasa terimaksihanya atas sambutan baik dari Kepala Sekolah SMA Muhamadiah 25 Pamulang.

Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Pengabidan Masyarakat ini sendiri merupakan sebuah program yang terdiri dari rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan sebanyak tiga sesi. Dimana dalam sesi pertama, akan dibahas materi terkait bagaimana memulai sebuah usaha, berikutnya akan di lanjutkan pada sesi kedua yang akan menitik beratkan pembahasan Pemanfaatan Teknologi Inforamsi/IT dalam dunia bisnis, dan ditutup sesi terakhir dengan bahasan Penerapan Bisnis Kanvas Model, yang tentunya diharapkan dapat memberikan motivasi, pemahaman dan pembekalan bagi para siswa/i SMA Muhamadiyah 25 Pamulang untuk dapat merintis sebuah bisnis dan menjadi seorang wirausaha.

Hal serupa juga disampaikan Sekretaris P3M TSM Bapak Nuno Sutrisno, S.E., M.M., CRP. Beliau mengucapkan terimakasih atas waktu dan tempat yang telah disediakan oleh pihak SMA Muhamadiyah 25 Pamulang, dan beliau berjanji untuk segera berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk segera menetapkan waktu pelaksanaan pengabdian masyarakat untuk sesi berikutnya, yaitu sesi ke dua dan ketiga, dengan lebih banyak peserta didik yang terlibat, sesuai harapan dari kepala sekolah SMA Muhamadiyah 25 Pamulang dan yang telah direncanakan oleh ketua P3M TSM.

Lebih lanjut beliau menyampaikan, walaupun ditengah segala keterbatasan akibat pandemi Covid -19 yang masih melanda, Trisakti School of Management berkomitmet untuk terus turut serta dan mengambil peran dalam mengembangkan entrepreneur di Indonesia, melalui kegiatan pengabidan masyarakat. dimana nantinya program pengabdian masyaraakat dengan tema entrepreneur akan diselengarakan di SMA atau SMK lainnya.

Narasumber yang terlibat dalam kegiatan ini melibatkan 2 orang Dosen, yaitu Bapak Emir Kharismar, S.E., M.B.A., RSA., CRP. Selaku ketua tim dan didampingi oleh bapak Nuno Sutrisno, S.E., M.M., CRP. serta turut serta dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dua Mahasiswa dan satu Alumni TSM yang telah memiliki usaha untuk berbagi kiat dalam menbangun sebuah usaha.

Kedua Mahasiswa tersebut adalah saudara Salvian Fernando, RSA., CSA., CAP. selaku owner "Kita Cuci" dan saudara Steven Lionery, CRA. owner dari "Sambal Mbul", serta seorang alumni yaitu saudara Harvey Giri Pratama, S.M, RSA. selaku owner dari "Anak Saham".

Dalam pelaksanaannya acara berlangsung sangat menarik, atusias dari para peserta sangat tinggi, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, sehingga acara berlangsung melebihi waktu yang direncanakan.

Sebelum kegiatan pengabdian selesai, Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah 25 Pamulang sekali lagi berhap, agar kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema entrepreneur, sesi ke dua dan ketiga dapat segera terselenggara dengan durasi pelaksanaan yang lebih panjang dan melibatkan peserta lebih banyak lagi, mengingat antusias peserta pada sesi pertama ini yang sangat tinggi dan lebih khusus manfaat yang dirasakan dari program pengabdian masyarakat ini sangat besar, terutama untuk membangkitkan minat wirausaha sejak bangku sekolah.(Red)
News Update