RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Jumat | 28 Agustus 2020 07:31:58 WIB

KABAR HANKAN

Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Berikan Pembekalan Terhadap Siswa Diklatsarmil

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Berikan Pembekalan Terhadap Siswa Diklatsarmil
RAKYATNASIONAL.COM,- Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Berikan Pembekalan Terhadap Siswa Diklatsarmil

Juanda, Selasa 25 Agustus 2020 (Humas Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksda Bakamla TSNB Hutabarat, M.M.S., memberikan pembekalan kepada 85 Siswa Diklatsarmil Bakamla RI di Gedung Bawean Pusdiklatsarmil, Juanda, Surabaya, Selasa (25/8/20).

Dengan menekankan tugas dan tanggung jawab yang harus dipikul personel Bakamla RI dalam mengamankan laut Indonesia sekaligus sebagai komponen cadangan negara, Laksda Bakamla Hutabarat berharap usai menyelesaikan pendidikan dan latihan dasar militer, Paramiliter Bakamla RI dengan sungguh dapat memahami tugas dan fungsi Bakamla RI sebagai Indonesia Coast Guard.

"Akan menjadi tantangan bagi kalian sebagai generasi baru Bakamla RI, dimana kedepan suatu keniscayaan Bakamla menjadi besar. Bukan dari Bakamla meminta tapi tuntutan demokrasi dan pengakuan negara lain Bakamla mengemban tugas sebagai Indonesia Coast Guard," jelas Laksda Bakamla Hutabarat.

Dalam paparannya, Pati berbintang dua itu menjelaskan 3 point penting yang harus ditanamkan dalam diri personel Bakamla yaitu; Pertama: cerdas. Kecerdasan dibutuhkan dalam tindak melakukan perencanaan dan analisis, baik pada tingkat strategis, operasional maupun taktis dan teknis.

Kedua: berani. Keberanian dibutuhkan bukan hanya sekedar keberanian dalam bentuk kekuatan fisik semata namun juga dalam kekuatan moral. Sehingga berani untuk melakukan keberanian, memiliki nurani untuk menentukan keputusan yang tidak didasarkan kepentingan kelompok tertentu atau pribadi.

Ketiga: teguh. Keteguhan dibutuhkan agar konsisten dalam bertindak. Tidak mudah luntur dimakan waktu dan kondisi. Sehingga setiap personel dari generasi ke generasi akan melangkah ke tujuan yang sama untuk mencapai organisasi bertahap, berlanjut dan bertingkat.

Ditekankannya kepada siswa Diklatsarmil, gunakan kesempatan mengikuti Diklatsarmil ini dengan senang hati, apa yang kalian rasakan disaat meninggalkan keluarga sudah pernah kami rasakan bahkan mungkin lebih dari kalian. "Belajarlah secara tekun dan bersungguh-sungguh menimba ilmu, mematangkan pengetahuan dan pemikiran, sehingga kalian Paramiliter Bakamla menjadi yang handal, kredibel, beretika, serta berjiwa Paramiliter yang dapat dibanggakan," pesan Laksda Bakamla Hutabarat mengakhiri pembekalan.

Autentikasi : Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla
News Update