RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Kamis | 12 Juli 2018 13:52:41 WIB

RAGAM INDONESIA

STP Trisakti Berhasil Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2018

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
STP Trisakti Berhasil Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2018
RAKYATNASIONAL.COM,- STP Trisakti Berhasil Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2018

Pemilihan mahasiswa berprestasi menjadi ajang yang sangat bergengsi bagi mahasiswa dan perguruan tinggi se-Indonesia. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristek DIKTI bidang Kemahasiswaan dan Kreativitas.

Berawal dari pengiriman karya ilmiah, prestasi yang diperoleh, hingga kemampuan berbahasa Inggris yang dikirimkan ke pihak Ristek DIKTI melalui website. Tahap selanjutnya terpilih nama-nama mahasiswa yang menjadi finalis menuju final Pilmapres Nasional 2018.

Kopertis wilayah III mendapatkan satu-satunya finalis yang terpilih ke ajang final Pilmapres Nasional yaitu Andre Gilitasha dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Penilaian selanjutnya dinilai dari hasil karya ilmiah, kemampuan bahasa Inggris, psikologi, dan prestasi yang diperoleh. Pemilihan ini melalui proses panjang dan seleksi yang sangat ketat, karena mahasiswa berprestasi yang layak menyandang gelar tersebut harus benar-benar kompeten.

Final Pilmapres 2018 yang diselenggarakan di The Alana Hotel Solo terbagi menjadi 2 kategori yaitu tingkat Sarjana dan Diploma. Perguruan tinggi yang masuk dalam kegiatan final Pilmapres ini berjumlah 9 perguruan tinggi dari program Diploma dan 17 perguruan tinggi dari program sarjana.

Kompetisi ini diselenggarakan 9 – 12 Juli 2018 dan ditutup oleh Direktur Kemahasiswaan, Bapak Dr. Didin Wahidin, M.Pd. Seorang mahasiswa harus mampu berkompetisi, memiliki jiwa pemimpin, dan menguasai bidangnya. Oleh karena itu, mengukur kemampuan mahasiswa dilihat dari kemampuannya menulis karya ilmiah yang sesuai dengan bidangnya. Kegiatan Pilmapres 2018 ini benar-benar mengapresiasi karya anak bangsa yang berprestasi dan mampu memunculkan jiwa kompetisi. Pada kegiatan ini tim juri menilai dengan sangat objektif, karena presentasi mahasiswa dapat ditonton oleh para tamu dan undangan.

Hasil pengumuman Pilmapres tingkat Nasional 2018 berhasil diperoleh oleh Andre Gilitasha dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang mendapat gelar mahasiswa berprestasi terbaik 1 tingkat Nasional. Andre merupakan perwakilan dari kopertis wilayah III yang dibimbing oleh Robiatul Adawiyah, M.Par., dan Fifi Nofiyanti, M.Pd. berhasil membimbing Andre dalam ajang Pilmapres Nasional 2018 ini. Andre membuat inovasi dari karya tulis ilmiahnya berupa bir pletok dengan reverse spherification method. Karya tersebut mengangkat budaya Betawi yang merupakan letak perguruan tingginya di Jakarta dengan upaya produk tersebut dapat lebih dikenal dengan inovasi yang baru. Selanjutnya produk tersebut akan dipasarkan dan dipatenkan. Prestasi yang diperoleh Andre yaitu World Skills Competition ke-44 di Abu dhabi bidang restaurant service mendapat mendali Silver mewakili Indonesia dari 37 negara.

Apresiasi yang luar biasa dari Ketua Yayasan Trisakti (Dr. Djanadi Bimo Prakoso) dan Ketua STP Trisakti (Fetty Asmaniati, S.E., M.M) yang menyaksikan langsung final Pilmapres tingkat Nasional 2018 ini. Dukungan pun diberikan dari Kopertis Wilayah III (Dr.Illah Sailah) yang memotivasi kegiatan mahasiswa. Juara II tingkat Diploma diperoleh oleh Universitas Negeri Yogyakarta, dan juara III tingkat Diploma diperoleh oleh Politeknik Elektronik Negeri Surabaya. Dari program Sarjana, juara I diperoleh oleh Universitas Indonesia (UI), juara II dari IPB, dan juara III UGM. Mereka merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat mengharumkan nama bangsa dan berguna di masyarakat.

Generasi yang cerdas yaitu mampu membuat inovasi dan berani menuangkan ide yang kreatif. (Fifi Nofiyanti, Robiatul Adawiyah, Andre Gilitasha).

A. Program Diploma
Juara I : Andre Gilitasha (STP Trisakti)
Juara II : Amalia Rohmah (UNY)
Juara III : Gilang Heru Kencana (PENS)

B. Program Sarjana
Juara I : Evita Martha Dewi (Universitas Indonesia)
Juara II : Arga P. Panatagama (IPB)
Juara III : Angelo Abil Wijaya (UGM)
News Update