RAKYATNASIONAL.COM
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Rabu | 18 April 2018 15:32:35 WIB

NASIONAL

Bakamla RI dan Hellenic Coast Guard Bahas LOI Bilateral Capacity Building

REDAKSI - RAKYATNASIONAL.COM
Bakamla RI dan Hellenic Coast Guard Bahas LOI Bilateral Capacity Building
RAKYATNASIONAL.COM,-

Bakamla RI dan Hellenic Coast Guard Bahas LOI Bilateral Capacity Building


 


Yunani, 18 April 2018 (Humas Bakamla RI)--- Indonesia dan Yunani melalui Bakamla RI dan Hellenic Coast Guard (HCG) membahas rencana kesepahaman kerja sama bilateral dibidang pengembangan Capacity Building, dalam pertemuan yang berlangsung hari ini di kantor HCG, Maritime Affairs and Insular Policy, Yunani, Rabu (18/4/2018).


 


Beberapa agenda kegiatan dilakukan oleh Delegasi Indonesia yang dipimpin Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. pada hari ini, antara lain Courtesy Call kepada Komandan HCG Vice Admiral Stamatios Raptis, dilanjutkan dengan pembahasan lingkup kerja sama antara kedua belah pihak yang rencananya akan ditandatangani Jumat mendatang (20/4). Usai pertemuan, rencananya Delegasi Indonesia juga akan diajak berkunjung ke Joint Rescue Coordination Centre.


 


Hingga berita ini diturunkan, pertemuan para pejabat keamanan laut ini masih berlangsung.


 


Delegasi Indonesia menyatakan adanya keinginan untuk bekerjasama dengan HCG dilandasi oleh kesamaan kedua negara sebagai negara maritim yang sangat bergantung terhadap perekonomian di sektor kemaritiman. Disampaikan pula bahwa Kedua negara merupakan Anggota Dewan IMO, dimana Yunani berada pada Kategori A sedangkan Indonesia berada di Kategori C, sehingga kedua negara memiliki tanggung jawab dan peran yang besar terhadap ketertiban pelayaran di dunia.


 


Dengan banyaknya tantangan yang dihadapi HCG, khususnya terkait Illegal Maritime Arrivals dari Timur Tengah (refugee dari Syria), maka melalui kerja sama itu nantinya Bakamla RI dapat belajar dari HCG terkait pencegahan Illegal Maritime Arrivals, tantangan yang sama yang dihadapi Indonesia terkait isu Rohingya.


 


Sebagai instansi yang baru berdiri, Bakamla membutuhkan asistensi dari Coast Guard yang telah mature and develop khususnya dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu Bakamla RI mengharapkan pada kunjungan ini Letter of Intent (LoI) antara Bakamla RI dengan HCG dapat ditandatangani sebagai landasan formal kerja sama dimasa yang akan datang.


 


Anggota Delegasi Indonesia yang turut hadir pada pertemuan tersebut antara lain Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Yunani Ferry Adamhar, Deputi Inhuker Bakamla Irjen Pol Abdul Gofur, Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla Irjen Pol Arifin, Deputi Operasi dan Latihan Bakamla Laksda TNI Semi Joni Putra, Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara, Kemenko Polhukam Laksda TNI Ahmad Djamaludin, Direktur Kerja Sama Bakamla Dade Ruskandar, Kepala Biro Umum Bakamla Brigjen TNI (Mar) Sandy M. Latief, Fungsi Politik KBRI Athena Yohpy Ichsan Wardana dan Nurfika Wijayanti, Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Bakamla Satya Pratama, dan Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla Hudiansyah Is Nursal.


 


Autentikasi :


Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono


Foto : Humas Bakamla RI

News Update